Thursday 7 January 2016

Solusi Bagi Pegawai PTS jadi PTN, Yang Memenuhi Kriteria Akan Diberi Kesempatan Daftar PNS

Informasi PNS - lowongancarikerja.com - Seperti Perkataan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Nasir, seusai mengikuti Rapat Terbatas (ratas) di kantor Presiden (6/1) menyampaikan bahwa jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) baru jumlahnya ada 36. Dari 36 perguruan tinggi negeri hanya ada 7 perguruan tinggi betul-betul baru, dan 29 perguruan lainnya merupakan perguruan tinggi swasta yang dinegerikan. Menurut Menteri Nasir, selama ini yang menjadi kendala, adalah bagaimana dosen dan pegawai yang ada di perguruan tinggi negeri tersebut dan hal ini terkait mengenai proses penggajiannya serta bagaimana proses pengangkatannya. Bapak Presiden Jokowi sudah memutuskan, pegawai sementara akan diangkat sebagai Pegawai Pemerintah tetapi dengan perjanjian kerja (P3K). Jadi, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dulu, karena untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui proses yang cukup panjang, seperti yang dikutip jelas oleh Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan (Menristek Dikti), Muhammad Nasir.



Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan (Menristek Dikti) menjelaskan, bahwa bagi mereka yang memenuhi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan memenuhi kriteria yang ditetapkan, usia harus dibawah 35 tahun, dan diberikan kesempatan mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dengan demikian, para pegawai yang memenuhi kriteria nantinya dapat diangkat sebagai P3K, yang saat ini jumlahnya sekitar 4.358 orang. Muhammad Nasir juga mengungkapkan, bahwa yang perlu diperhatikan yaitu belum menyebarnya perguruan tinggi di luar pulau Jawa sehingga moratorium akan dilaksanakan secara merata bagi perguruan-perguruan tinggi swasta di pulau Jawa dan untuk menjembatani kualitas pendidikan tersebut, Menteri Nasir mengusulkan agar diadakan pembinaan dari Perguruan Tinggi Negara (PTN) yang berasal dari pulau jawa.

Inilah beberapa Universitas yang diusulkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan (Menristek Dikti) bapak Muhammad Nasir yaitu Universitas di Aceh (Universitas Teuku Umar dan Universitas Samudra Langsa), Jawa Barat (Universitas Singaperbangsa di Karawang, Universitas Siliwangi dan Politeknik Negeri Subang), Jawa Tengah (Universitas Tidar di Magelang), Jawa Timur (Politeknik Madura, Politeknik Banyuwangi, dan Politeknik Madiun), Kalimantan (ITEKA), Sumatera (Institut Teknologi Sumatera), ada Universitas Borneo Tarakan, Politeknik Pertanian Ketapang dan UPN di Jakarta.