Thursday 21 January 2016

lowongan kerja Badan Pusat Statistik - Januari 2016

lowongan kerja CPNS - lowongancarikerja.com - Badan Pusat Statistik merupakan Lembaga Pemerintah Non - Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1960 tentang ensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Materi yang merupakan muatan baru dalam UU Nomor 16 Tahun 1997, antara lain:
--> Jenis statistik berdasarkan tujuan pemanfaatannya terdiri atas statistik dasar yang sepenuhnya diselenggarakan oleh BPS, statistik sektoral yang dilaksanakan oleh instansi Pemerintah secara mandiri atau bersama dengan BPS, serta statistik khusus yang diselenggarakan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya secara mandiri atau bersama dengan BPS.
--> Hasil statistik yang diselenggarakan oleh BPS diumumkan dalam Berita Resmi Statistik (BRS) secara teratur dan transparan agar masyarakat dengan mudah mengetahui dan atau mendapatkan data yang diperlukan.
--> Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.
--> Dibentuknya Forum Masyarakat Statistik sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat statistik, yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada BPS.

Berdasarkan undang-undang yang telah disebutkan di atas, peranan yang harus dijalankan oleh BPS adalah sebagai berikut:
--> Menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder
--> Membantu kegiatan statistik di departemen, lembaga pemerintah atau institusi lainnya, dalam membangun sistem perstatistikan nasional.
--> Mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, dan menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik.
--> Membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia.



Di bulan Januari 2016 Badan Pusat Statistik kembali membuka lowongan kerja dan kesempatan berkarir bagi putra - putri dengan tamatan sma untuk menjadi karyawan dengan posisi sebagai dan baca juga lowongan kerja Panverta

Petugas Sensus Ekonomi 2016

Persyaratan:
Pendidikan minimal SLTA / sederajat
Berdomisili tetap di wilayah Pekanbaru
Berdisiplin dan berkomitmen pada tugas
Mampu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Koordinator Sensus Kecamatan, Koordinator Lapangan, Pegawai BPS, aparat pemerintah daerah / kota, dan aparat RT / RW
Mampu berkomunikasi dengan responden
Sehat jasmani dan rohani serta berpenampilan baik / sopan
Usia 18 sampai 55 tahun, kecuali pensiunan BPS
Memiliki kartu identitas yang masih berlaku (KTP / Surat Keterangan Domisili) dan diutamakan berasal dari kecamatan / kecamatan yang akan menjadi wilayah tugasnya
Bersedia melaksanakan tugas selama masa perjanjian kerja (kontrak) dan tidak terikat kontrak dengan pihak lain
Memiliki handphone dengan nomor yang tetap dan selalu aktif
Diuatamakan memiliki atau menguasai dan dapat mengendarai kendaraan bermotor roda 2
Lolos dalam seleksi dan pelatihan tugas

Jika ingin menjadi karyawan Badan Pusat Statistik dan sudah memenuhi kualifikasi atau persyaratan lowongan kerja di atas maka dapat melampirkan berkas-berkas seperti: Biodata (form disediakan BPS), Fotokopi ijasah terakhir (1) satu lembar, FC. KTP (1) satu lembar, Pas foto terbaru ukuran 3x4 (1) satu lembar, Bagi PNS / honorer / sejenis di instansi Pemerintah: Surat cuti / bebas tugas pada saat kegiatan dari instansi yang bersangkutan dan lamaran dikirim ke:
Sekretariat SE 2016 BPS Kota Pekanbaru
Jl. Rawa Indah
Pekanbaru

Wilayah tugasnya:
BPS Kab. Kuantan Singingi, BPS Kab. Indragiri Hulu, BPS Kab. Kampar, BPS Kab. Rokan Hulu, BPS Kab. Bengkalis, BPS Rokan Hilir dan BPS Kota Pekanbaru

Pendaftaran paling lambat tanggal 27 Januari 2016