Saturday 20 February 2016

lowongan kerja Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan di bulan Maret 2016

lowongan kerja Enumerator Penyakit Tidak Menular - lowongancarikerja.com -

Sejarah perkembangan kesehatan masyarakat di Indonesia ada sejak pemerintahan Belanda pada abad ke-16. Kesehatan masyarakat di Indonesia pada waktu itu dimulai dengan adanya upaya pemberantasan cacar dan kolera yang sangat ditakuti masyarakat pada waktu itu.

Kolera masuk di Indonesia tahun 1927 serta tahun 1937 dan terjadi wabah kolera eltor di Indonesia yang kemudian di tahun 1948 cacar masuk ke Indonesia melalui Singapura dan mulai berkembang di Indonesia. Sehingga berawal dari wabah kolera tersebutlah maka pemerintah Belanda pada waktu itu melakukan upaya-upaya kesehatan masyarakat.

Namun demikian di bidang kesehatan masyarakat yang lain pada tahun 1807 pada waktu pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels, telah dilakukan pelatihan dukun bayi dalam praktek persalinan. Upaya ini dilakukan dalam rangka penurunan angka kematian bayi yang tinggi pada waktu itu.

Akan tetapi upaya ini tidak berlangsung lama karena langkanya tenaga pelatih kebidanan kemudian pada tahun 1930 dimulai lagi dengan didaftarnya para dukun bayi sebagai penolong dan perawatan persalinan. Selanjutnya baru pada tahun 1952 pada zaman kemerdekaan pelatihan secara cermat dukun bayi tersebut dilaksanakan lagi.

Pada tahun 1851 sekolah dokter Jawa didirikan oleh dr. Bosch, kepala pelayanan kesehatan sipil dan militer dan dr. Bleeker di Indonesia. Kemudian sekolah ini terkenal dengan nama STOVIA (School Tot Oplelding Van Indiche Arsten) atau sekolah untuk pendidikan dokter pribumi. Setelah itu pada tahun 1913 didirikan sekolah dokter yang kedua di Surabaya dengan nama NIAS (Nederland Indische Arsten School).

Pada tahun 1927, STOVIA berubah menjadi sekolah kedokteran dan akhirnya sejak berdirinya Universitas Indonesia tahun 1947 berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kedua sekolah tersebut mempunyai andil yang sangat besar dalam menghasilkan tenaga-tenaga (dokter-dokter) yang mengembangkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Tidak kalah pentingnya dalam mengembangkan kesehatan masyarakat di Indonesia adalah berdirinya Pusat Laboratorium Kedokteran di Bandung pada tahun 1888. Kemudian pada tahun 1938, pusat laboratorium ini berubah menjadi Lembaga Eykman dan selanjutnya disusul didirikan laboratorium lain di Medan, Semarang, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta.

Laboratorium-laboratorium ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka menunjang pemberantasan penyakit seperti malaria, lepra, cacar dan sebagainya bahkan untuk bidang kesehatan masyarakat yang lain seperti gizi dan sanitasi.

Pada tahun 1922 pes masuk Indonesia dan pada tahun 1933, 1934 dan 1935 terjadi epidemi di beberapa tempat, terutama di pulau Jawa. Kemudian mulai tahun 1935 dilakukan program pemberantasan pes ini dengan melakukan penyemprotan DDT terhadap rumah-rumah penduduk dan juga vaksinasi massal. Tercatat pada tahun 1941, 15.000.000 orang telah memperoleh suntikan vaksinasi.




Di bulan Februari 2016 sampai dengan bulan Maret 2016 Kementerian kesehatan kembali membuka lowongan kerja dan memberikan kesempatan kepada anda untuk berkarir dengan posisi sebagai dan baca juga lowongan kerja sirkesmas kementerian kesehatan

ENUMERATOR

Kriteria Enumerator Kesmas:
- Berdomisili di wilayah provinsi setempat
- Mengajukan lamaran
- Mengikuti seleksi
- Minimal tamatan D3 kesehatan diutamakan bidan dan perawat
- Melampirkan foto copy ijasah yang dilegalisir dan KTP
- Usia maksimal 35 tahun
- Tidak sedang mengikuti pendidikan
- Mampu mengoperasikan komputer
- Bersedia di tempatkan di mana saja sesuai lokasi penelitian
- Bersedia mengikuti pelatihan dan melakukan pengumpulan data sampai selesai sesuai dengan perjanjian tertulis
- Bila mengundurkan diri selama atau setelah pelatihan, maka anda diwajibkan mengganti biaya pelatihan sesuai biaya yang ditetapkan Badan Litbangkes
- Tidak sedang hamil saat pengumpulan data
- Tidak sedang bekerja sebagai pegawai tetap atau tidak tetap
- Memiliki kartu BPJS atau asuransi kesehatan lain yang masih aktif

Kriteria Enumerator Penghubung:
- Pegawai puskesmas, dinas kesehatan, BPJS setempat
- Mendapatkan ijin atasan untuk mengikuti Riset PTM
- Mampu berkoordinasi dengan masyarakat, puskesmas, dan rumah sakit
- Mampu mengendarai sepeda motor, mobil, menguasai perihal angkutan umum setempat

Jika anda ingin menjadi karyawan dari kementerian kesehatan dan sudah memenuhi persyaratan dari lowongan kerja di atas maka lamaran diantar Dinkes Provinsi mulai tanggal 15 Februari 2016 sampai dengan 8 Maret 2016. Seleksi berkas pendaftaran oleh Korwil pada tanggal 14 Maret sampai 19 Maret 2016. Wawancara dan penetapan enumerator di Provinsi pada tanggal 22 Maret sampai dengan 25 Maret 2016.

Hanya kandidat terbaik yang akan mengikuti seleksi